Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Jumat, 19 Juni 2015

Launching Demfarm 1 Hektar Perdesa, Nikson: Ini Program Andalan Saya



http://www.palapapos.com/wp-content/uploads/2015/06/Lon1.jpg
Bupati Taput Nikson Nababan, ketua TP PKK Ny Satika Simamora dengan SKPD lainnya saat melakukan penanaman perdana demfarm 1 hektar perdesa di Kecamatan Muara. (PALAPA POS/Alpon Situmorang).
MUARA – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan melakukan launching demfarm tanaman padi seluas 1 hektar perdesa. Launching dilakukan di Kecamatan Muara yang saat ini mulai musim tanam, dihadiri para tokoh masyarakat, warga Muara dan seluruh SKPD.
Usai melakukan tanya jawab semua langsung turun melakukan penanaman perdana demfarm 1 hektar perdesa, termasuk Bupati Nikson dan Ketua TP PKK Ny Satika br Simamora.
“Demfarm ini merupakan program andalan saya dalam mencapai kedaulatan pangan, dimana ada 241 desa di Kabupaten Tapanuli Utara dan tiap desa dicanangkan 1 hektar perdesa. Setiap hektarnya diharapkan minimal menghasilkan 8 ton padi atau 6 ton beras. Jadi sekali panen menghasilkan 1.928 ton padi atau 1.446 ton beras. Itu hanya dari lahan percontohan, belum dari lahan masyarakat,” kata Nikson Nababan, Selasa (16/6).
“Program ini harus kita mulai segera, sesuai dengan visi menjadikan Taput sebagai Lumbung pangan. Tahap awal masih di Muara dan Pahae yang punya dua kali musim tanam, selanjutnya akan bergilir di kecamatan lainnya,” Bupati Nikson, menambahkan.
Untuk mendukung program ini, Pemkab Taput telah banyak menggiring dana dari Kementerian Pertanian berupa bantuan sosial bagi kelompok tani di Taput untuk peningkatan sarana dan prasaran di bidang pertanian, seperti pembangunan irigasi dan pengadaan bibit unggul.
Selain itu, kata Nikson, untuk mendukung tugas penyuluh telah dibantu dari APBD berupa pengadaan sepeda motor. “Bukan hanya petani kita pikirkan, tapi petugas penyuluh lapangan atau PPL juga wajib kita berikan sarana operasional,” kata Nikson.
Pada kesempatan itu, Bupati Nikson punya keinginan membuat pengadaan alat berat perdapil (Taput 5 Dapil ). “Satu untuk pembukaan lahan dan lainnya eksentifikasi. Kita akan prioritaskan itu demi kemajuan petani Taput,” ungkapnya.
“Jika terealisasi, petani kita akan mandiri sejahtera dan berdikari (berdiri di kaki sendiri). Dan, jika hasil panen terealisasi seperti target, bukan mustahil Presiden Jokowi akan panen perdana padi sawah di daerah kita,” ujarnya. (als/dun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar