Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Selasa, 23 Juni 2015

Bupati Taput: Irigasi Saba Gaol Butuh Perbaikan

HL-2- 23-6
SIBORONGBORONG – Bupati Taput Nikson Nababan meninjau saluran irigasi Saba Gaol di Desa Sigumbang Kecamatan Siborongborong Taput, Senin (22/6). Berdasarkan laporan warga Desa Sigumbang, tali air tersebut jebol sehingga tidak mampu mengairi ratusan hektar sawah masyarakat.
“Petani sangat berharap pada irigasi Saba Gaol ini, sudah lebih setahun rusak dan air yang masuk tidak maksimal dari sumber air sungai Doras,” kata Dorman Sigalingging kepada Palapa Pos.
Akibat kurang optimalnya fungsi irigasi, petani terpaksa mengalihkan fungsi lahan sebelumnya dari padi sawah menjadi kebun kopi maupun palawija.
Dorman mengatakan, agar menjadi perhatian, warga desa telah mengadakan gotong royong pembersihan parit dari tumpukan tanah yang kena longsoran.
“Kami berharap Bupati Taput mengucurkan anggaran untuk perbaikan irigasi Saba Gaol,” pinta Dorman seraya menyebutkan sungai Sidoras merupakan pangkal dari sungai Aek Sigeaon Tarutung.
Bupati Taput Nikson Nababan usai melihat saluran irigasi meminta Kadis PUK Anggiat Rajagukguk segera memprogramkan pembangunan irigasi tersebut.
“Saya telah lihat saluran irigasi yang rusak dan meminta Kadis PU serta Kabag Penram segera memprogramkan pembangunannya,” kata Nikson di hadapan warga Desa Sigumbang.
Sarana dan prasarana di bidang pertanian merupakan prioritas pemkab seiring dengan visi menjadikan Taput sebagai lumbung pangan.
“Tahun ini akan kita perbaiki, tapi sebelumnya Saya minta kepada warga bila ada pembangunan jangan mengharapkan ganti rugi bila tanahnya dibutuhkan. Mari kita berkorban untuk kepentingan bersama,” tegas Nikson.
Sementara itu, Kadis PU Anggiat Rajagukguk mengatakan sebelum diprogramkan pembangunannya terlebih dahulu dilakukan survey.
“Kita survey, kemudian buat disain gambarnya,” terang Anggiat.
Kendati butuh waktu, sesuai perintah Bupati kita akan tanggulangi irigasi yang jebol itu agar warga dapat menggunakannya langsung,” Setelah itu, baru dibuat perencanaan total pembangunan irigasi Saba Gaol sepanjang 1,2 kilometer, namun tetap kita butuh bantuan masyarakat untuk membantu minimal membabat dan membersihkan lokasi irigasi tersebut,” kata Anggiat. (als)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar