Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Selasa, 23 Juni 2015

Buka Bulan Bhakti Gotong Royong, Nikson: Gotong Royong Percepat Pembangunan

gotroy
SIBORONGBORONG – Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan membuka pelaksanaan bulan bhakti gotong royong di Kabupaten Tapanuli Utara, yang dilaksanakan di Desa Sigumbang, Kecamatan Siborongborong, Senin (22/6). Bulan Bhakti gotong royong ini merupakan program nasional yang sebelumnya telah dibuka presiden secara nasional di Sulawesi Selatan dan di tingkat Provinsi Sumatera Utara dibuka Gubernur di Labuhan Batu.
“Kegiatan gotong royong dengan melibatkan masyarakat merupakan cara untuk mempercepat pembangunan. Kalau semua harus pemerintah yang mengerjakan mulai dari hal yang terkecil seperti misalnya membersihkan drainase dan sebagianya, maka anggaran pun akan tersedot. Sementara anggaran pemerintah terbatas. Tetapi dengan keikutsertaan masyarakat dalam bergotong-royong, maka beban anggaran atau biaya pemerintah pun akan berkurang. Dengan demikian, anggaran yang tadinya tidak terpakai karena sudah dikerjakan secara gotong royong itupun bisa digunakan ke hal–hal yang lebih penting lainnya,” kata Nikson.
Menurutnya, budaya gotong-royong yang merupakan warisan leluhur yang sangat peting untuk dibangkitkan kembali. Pasalnya,saat ini semangat gotong royong tersebut mulai hilang. Karena itu juga, katanya, selain bulan bhakti gotong royong yang merupakan program nasional ini, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara juga telah mencanangkan 2015 ini sebagai tahun gotong-royong. Karena dia menyakini dengan bergotong-royong, seberat apapun rintangan, kalau masyarakat mau saling membantu rintangan tersebut pasti akan mudah diatasi.
“Tak selamanya uang atau anggaran bisa menyelesaikan sebuah permasalahan. Gotong-royong juga bisa selesaikan permasalahan. Saya juga sudah lihat hasil gotong-royong pembersihan irigasi yang dilakukan masyarakat Desa Sigumbang ini. Dan untuk menindaklanjuti, kita akan bangun embung untuk menampung air hujan dan bisa mengaliri persawahan kalau musim kemarau. Karena yang saya dengar tadi kalau musim kemarau airnya irigasi sangat kecil. Tetapi sebelum membangun itu saya minta masyarakat untuk mencari dan memberikan lahan yang pas untuk pembangunan embung ini,” ujarnya.
Disebutkan, program Pemkab Taput yang salah satunya memprioritaskan di bidang pertanian harus didukung oleh segenap warga masyarakat Tapanuli Utara. Sesuai dengan program tersebut, Pemkab Taput pun akan melakukan pembangunan jalan untuk lahan–lahan pertanian dan irigasi untuk pertanian. Dan masyarakat pun diminta untuk mendukung hal itu. Karena pembangunan itu juga sebagai upaya Pemkab Taput dalam mensejahterakan masyarakat Tapanuli Utara. (rin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar