Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Senin, 14 September 2015

Ciri-Ciri Anak Cerdas yang Perlu Diketahui



Semua orangtua tentunya mengharapkan seorang anak cerdas dan berprestasi. Tidak heran jika banyak orang yang berusaha dan memberikan stimulasi dengan berbagai cara supaya buah hati mereka menjadi seorang yang cerdas di masa depan. Pada dasarnya kecerdasan seorang anak sudah bisa terlihat sejak usia dini dari sikap dan perilakunya. Namun sayangnya kebanyakan orangtua tidak menyadari hal tersebut sehingga mengukur kecerdasan anak hanya ketika sudah memasuki tahap sekolah.

Umumnya ciri-ciri anak cerdas bisa terlihat dari proses tumbuh kembangnya. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa anak cerdas mengalami perkembangan yang lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak yang lainnya. Anak-anak dengan IQ normal atau diatas rata-rata, cenderung akan berkembang sesuai dengan tahap perkembangan yang seharusnya. Memang benar adanya jika seorang anak baru dikatakan cerdas ketika sudah memasuki usia sekolah dan hal tersebut bisa terlihat dari prestasi yang di raihnya di sekolah. Namun meskipun demikian, ada beberapa tanda anak cerdas yang bisa Anda kenali sejak dini. Apa saja tanda anak cerdas?

Berikut beberapa tanda anak cerdas yang bisa Anda kenali sejak dini.
1. Daya ingat kuat

Tingkat konsentrasi dan kemampuan mengingat sesuatu menjadi poin penting dari anak cerdas. Jika Anda mengajarkan sesuatu padanya maka si kecil akan senantiasa mengingat dan menjalankannya.

2. Tingkat kreativitas
Anak cerdas memiliki tingkat kreativitas yang lebih unggul dan umumnya lebih percaya diri dalam menghadapi permasalahan.

3. Memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi
Ciri anak cerdas yang selanjutnya yaitu memiliki rasa ingin tahu cukup tinggi dalam berbagai hal. Anak cerdas umumnya lebih aktif dalam bereksplorasi untuk hal-hal yang baru.

4. Kemampuan berbicara dan berjalan berkembang lebih cepat
Salah satu tanda anak cerdas yaitu memiliki kemampuan berbicara dan berjalan lebih cepat bila dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan koordinasi tubuh berjalan baik. Kemampuan motorik kasar anak berkembang lebih cepat bila dibandingkan dengan motorik halus.

5. Memiliki kondisi fisik yang kuat
Tanda selanjutnya yaitu memiliki kondisi fisik lebih kuat dan jarang sakit. Pada dasarnya anak yang cerdas lebih aktif dalam beraktivitas sehingga tidak akan mudah merasa kelelahan. Jika anak Anda masih kecil maka bisa terlihat dari seberapa aktif si kecil dalam melakukan pergerakan.

6. Lebih berani dan percaya diri
Jika si kecil mempunyai keberanian untuk mencoba hal-hal yang baru, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk perkembangan kecerdasan sorang anak. Dalam hal ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan dukungan untuk bakat yang digemari oleh anak.

Itulah beberapa ciri anak cerdas yang patut diketahui oleh para orangtua agar semakin mengenal dan memahami anak-anak untuk kepentingan perkembangan otaknya. Kecerdasan anak tidak hanya bisa dilihat dari sisi kemampuan dalam mengerjakan soal atau menjadi juara kelas di sekolah saja, tetapi jauh dari itu ada hal penting lain yang perlu dipelajari untuk mewujudkan anak yang cerdas secara emosional dan psikologis. - See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/ciri-ciri-anak-cerdas-yang-perlu-diketahui.html#sthash.Usfj9LXE.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar