Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Jumat, 15 Mei 2015



 3 Cara Efektif Mencatat di Kelas

Mencatat adalah keterampilan yang tentunya akan dibawa sampai ke dalam karir. Walau berada dipertemuan, berpartisipasi dalam sesi perdebatan, maupun membuat penjelasan saat membaca, catatan menjadin cara yang efektif untuk belajar, mempertahankan, dan mengingat kembali ide dan konsep. Dalam artikel akan dibahas tiga teknik terbaik untuk membuat catatan di kelas.

Dynamic Outline

Pada metode dynamic outline menggunakan tiga sarana:

1. Notasi simbol, seperti panah, lingkaran, kotak, dan lain - lain

2. Warna

3. Jaring - jaring peta

Dari ketiga sarana tersebut memungkinkan catatan tetap terorganisir. Penggunaan notasi simbol dan warna membuat metode ini lebih mudah dan menarik dibandingkan hanya tulisan polos saja. Penggunaan kedua sarana tersebut juga membuat kutipan - kutipan penting lebih menonjol sehingga mudah untuk dimengerti.

Keuntungan: Format teroganisir, simple

Kekurangan: Tidak mudah untuk dibaca kembali

Page Split

Seperti nama judulnya, Page Split merupakan metode mencatat dengan membagi satu halaman menjadi dua kolom. Page Split memisahkan topic utama dengan sub topic dari catatan. Jadi, ketika siswa mengingat kembali c atatan mereka di saat ujian, mereka dapat mengingat catatan mereka dengan cepat dari kata kunci atau topic utama yang berhubungan dengan ujiannya.

Keuntungan: Lebih efisien untuk diingat, tampilan lebih mudah dibaca

Kekurangan: Boros kertas

Mind Map

Walaupun hasil catatan lebih berantakan dibandingkan dua metode sebelumnya, Mind Map memungkinkan untuk memberi catatan tambahan baik pada topic utama maupun sub topic. Dengan metode ini kita dapat kembali pada topic sebelum dengan mudah ketika guru menjelaskan topic yang dituju. Dengan Mind Map kita dapat menghubungkan ide - ide topic secara bersamaan dengan lingkaran dan garis. Topic utama diletakkan pada posisi tengah, lalu gambarkan cabang - cabang untuk sub topicnya.

Keuntungan: Setiap topic terkoneksi dengan mudah

Kekurangan: Berantakan, agak sulit untuk ditinjau kembali.

Setelah memilih metode mencatat yang pas, ada beberapa hal yang perlu diingat saat mencatat:
  1. Perhatikan apa yang guru terangkan dan lakukan, seperti menulis di papan tulis atau mengulangi perkataan. Hal itu bisa saja keluar saat ujian.
  2. Sebelum kelas dimulai , lakukan kegiatan seperti membaca catatan sebelumnya. Hal ini dapat mempermudah Anda ketika mencatat.
  3. Gunakan kata - kata sendiri agar catatan lebih mudah dimengerti dan memperkuat pemahaman materi pelajarannya.
  4. Anda juga dapat menggunakan kata singkat. Contohnya, kata ‘dari’ disingkat menjadi ‘dr’. Hal ini dapat mempercepat proses mencatat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar