Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Jumat, 15 Mei 2015



 3 Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak

"Saya tidak tahu harus menulis apa!"

Sebagai guru, tentu Anda pernah atau sering berhadapan dengan anak yang mengucapkan hal tersebut. Setiap anak tentu memiliki cara yang berbeda dalam mengungkapkan pesan dengan baik. Ada yang banyak berbicara, namun jika dihadapkan dengan pensil dan pulpen, mereka cenderung ragu dan tidak tahu apa yang harus ditulis. Lantas, bagaimana Anda sebagai guru untuk membantu sang anak dengan masalahnya dalam menulis?

Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda coba:

1. Murid Bicara, Guru Menulis

Minta murid Anda berdiri saat Anda duduk di bangkunya. Lalu katakan padanya "Kamu bicara, saya akan menulis." Hal ini biasanya membuat si anak lengah dan berpikir bahwa tidak ada pilihan lain selain berbicara.

2. Rekam suara

Anda bisa mencoba meminta sang anak merekam sendiri saat ia berbicara tentang karangannya. Lalu minta dia untuk menuliskan kembali apa yang ia rekam.

3. Audio Transcribe

Anda bisa gunakan aplikasi yang bisa mengubah suara menjadi tulisan (Audio Transcribe). Beberapa pilihannya yaitu PaperPortNotes, Naga NaturallySpeaking, Dictation Pro, dan VoiceTranslator. Mintalah murid Anda untuk berbicara saat Anda gunakan aplikasi audio transcribe itu. Setelah selesai transcribe, murid bisa menulis kembali dari hasil rekaman tersebut.
- See more at: http://www.kesekolah.com/solusi-pendidikan/3-strategi-meningkatkan-kemampuan-menulis-anak.html#sthash.0VvLpxAW.dpuf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar