Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Jumat, 15 Mei 2015



 Murid Lebih Aktif di Kelas dengan Metode Pembelajaran Flipped Classroom

Metode pembelajaran di zaman modern tentunya tidak lagi kaku seperti dulu. Dahulu, guru menjelaskan, murid mendengarkan, mencatat dan terpaku kepada apa yang disuruh oleh guru. Alhasil, murid kurang mengeksplorasikan bakat dan kemampuannya. Materi yang diberikan oleh guru pun serasa monoton dan membosankan.

Kini, ada metode yang sangat cocok untuk diterapkan murid-murid zaman sekarang. Sebagian dari murid zaman sekarang menghabiskan sebagian waktu luangnya untuk mengakses gadget dan berselancar di internet maupun media sosial. Maka dari itu, sungguhlah sayang jika media yang mereka gunakan tidak digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Metode Flipped Classroom

Lalu, metode seperti apa sih yang cocok untuk menunjang pembelajaran murid-murid sekarang? Maka model yang paling tepat untuk mengembangkan bakat anak serta memahami dengan benar materi yang diberikan ialah metode flipped classroom.

Flipped classroom adalah sebuah model pembelajaran di mana guru memberikan tugas / PR kepada siswa untuk aktif mempelajari terlebih dahulu materi yang akan disampaikan melalui media digital berupa video atau e-book beserta beberapa instruksi tugas / latihan soal, sebagai bahan diskusi ketika kegiatan di dalam kelas (tatap muka). Tidak seperti dahulu, guru menjelaskan, dan murid harus mengerti apa yang guru jelaskan. Hal tersebut membuat pemahaman murid terhadap materi yang diajarkan kurang. Meskipun tidak semua murid seperti itu.

Guru Hanya Sebagai Fasilitator

Di dalam kelas, siswa mengerjakan tugas berdasarkan instruksi yang telah disampaikan sebelumnya (melalui video). Dalam hal ini siswa dapat lebih memfokuskan diri pada kesulitannya dalam memahami materi ataupun kemampuannya dalam menyelesaikan soal-soal berhubungan dengan materi tersebut. Dalam kegiatan tersebut, guru hanya bertugas sebagai fasilitator saja.

Kelebihan Flipped Classroom

Banyak alasan, kenapa flipped classroom saat ini menjadi salah satu pilihan penting dalam model pembelajaran saat ini. Bagi siswa sendiri, flipped classroom membuat mereka memiliki waktu untuk mempelajari materi di rumah sebelum guru menyampaikan di kelas. Selain itu siswa juga dengan mudah mengakses kapan saja dan di mana saja dengan melihat video materi yang dibagikan oleh guru. Siswa dapat belajar dari berbagai jenis konten pembelajaran baik melalui video, website, aplikasi mobile atau jenis konten yang lain. Hal ini memudahkan siswa memahami materi pelajaran, dari pada siswa hanya belajar dari papan tulis atau buku.

Namun, dalam pengaplikasiannya, dibutuhkan persiapan matang dari guru dan fasilitas yang mendukung pula. Bahan ajar yang dibawakan juga haruslah kreatif dan dikemas secara menarik agar siswa juga nyaman dan mengerti pelajaran. Metode flipped classroom ini semoga menjadikan solusi yang efektif terkait kualitas pembelajaran di era modern saat ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar