Selamat HUT RI Ke-71. Mari kita buktikan dengan kerja nyata dalam mengisi kemerdekaan ini. Merdeka!

Informasi Peneting !

Kamis, 13 Agustus 2015

Pidato HUT Pramuka ke - 54 pada GUDEP 10 – 1009 dan 10 – 1010













Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan
dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda
(Ke – 54)


Saudara-saudara dan adik-adik Pramuka yang saya cintai !
Salam Pramuka !
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karna kasihNyalah kita dapat melakukan kegiatan upacara hari ini, yaitu upacara HUT Pramuka ke – 54.
Untuk itu kami ingin menyampaikan ucapan selamat berulang tahun, semoga berbahagia dan tetap dalam lindungan Tuhan Yang Mahakuasa.

Tepok Pramuka ……………….

Pada hari ini, tanggal 14 Agustus 2015, kita melakukan upacara HUT Pramuka ke - 54 dan yang pertama kali kita lakukan sejak sekolah ini berdiri dengan surat keputusan ……………………………………dan dengan GUDEP 10 – 1009 dan 10 – 1010, dan ini merupakan suatu sejarah bagi kita semua dan secara khusus bagi anak-anak kami anggota pramuka kalianlah pelopor berdirinya pramuka di sekolah ini. Untuk itu marilah kita berikan tepuk tangan yang meriah kepada kita semua. ………

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah "Kepanduan" (Boy Scout).

1.      Di dunia pertama kali dipelopori oleh Lord Baden Powell atau nama lengkapnya Robert Sthepenson Smyth Baden Powell of Giwell, seorang warga negara Inggris yang pernah menjadi tentara. Kemah pertama kepanduan yang dipimpin Baden Powell, terjadi pada tanggal 1 Agustus 1907 yang bertempat di Brownsea Island, Inggris. Karena itulah, Tanggal 1 Agustus pun ditetapkan sebagai Hari Kepanduan Dunia.
2.      Di Indonesia, sejarah Pramuka Indonesia dianggap lahir pada tahun 1961. Hal ini mengacu pada Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dan dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961. Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961 sesaat setelah Presiden Republik Indonesia memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka dan hingga saat ini diperingati setiap tahunnya.

Tepok Pramuka ………………..

Sebenarnya Tujuan Pramuka adalah sangat mulia karena Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar;
1.      anggota pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
2.      anggota pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
3.      anggota pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
4.      anggota pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Sesuai dengan tema pramuka tahun ini dan tujuan pramuka diatas setiap anggota pramuka dituntut menjadi agen perubahan dalam membentuk karakter kaum muda yang sesuai dengan norma-norma budaya kita. ...........

Dan fungsi pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai Alat bagi masyarakat dan organisasi. Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya……..(Misal kegiatan sosial dan gotong royong)

Dan selanjutnya, sesuai dengan visi dan misi Pemkab Tapanuli Utara yaitu menjadikan Taput menjadi Lumbung Pangan, Lumbung SDM yang berkualitas dan Daerah Wisata diharapkan kepada seluruh anggota pramuka secara umum dan secara khusus anggota pramuka SMP Negeri 5 Siborongborong agar menjadi Garda terdepan bagi generasi muda dalam mempercepat terwujudnya visi dan misi Pemkab Tapanuli Utara. Dengan berbekal jiwa kepramukaan yang adek-adek miliki kami yakin adek-adek mampu mengawal visi dan misi Pemkab Tapanuli Utara agar terwujud sesuai dengan harapan kita bersama.

Sebelum kita akhiri, Pramuka adalah sebuah pendidikan yang untuk bagaimana kita bermasyarakat dengan baik dan sesuai dengan semua norma marilah kita jadikan peringatan hari pramuka ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri pribadi kita untuk hidup yang lebih baik, karena semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika kita bisa bersungguh sungguh.

Tepok Pramuka ……………..

Sebagai akhir kata, semoga kalian menjadi pengukir sejarah bagi adek-adek kalian pada generasi yang akan datang.

Sekian.
Salam Pramuka !



                                                                                                Kamabigus



                                                                                                Torus M Nababan, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar